24 Juni, 2010

Interior - Exterior

Acian Putih TR30
Interior - Exterior

Acian Putih TR 30 dapat digunakan pada dinding interior dan exterior, tetapi dalam hal ini tukang harus dapat memahami kondisi dan karakter dari dinding plaster sebelum mengaplikasikan TR 30 apakah dinding itu masih basah atau kering

Plester
Kondisi plasteran harus ditunggu sampai plasteran kering dan penyusutannya selesai (± 2 minggu) sebelum pengaplikasian acian.
Dalam kondisi kering tukang harus membasahi dinding beberapa kali sebelum aplikasi TR30. Pada dinding basah, terutama didaerah sering hujan dinding tidak perlu dibasahi. Jika acian mengering terlalu cepat maka akan sulit untuk menyelesaikan acian, hasil aplikasinya akan lemah dan berdebu.
Dalam kondisi normal Acian Putih TR30 dapat digunakan untuk plester pada dinding dalam dan luar. Jika dinding terkena sinar matahari langsung atau hujan, tanpa ada perlindungan atap, hal yang terbaik untuk aplikasi mortar adalah dengan menambahkan 2% Lem Putih. Hal ini akan memberikan ketahanan terhadap air, meningkatkan fleksibilitas dan tahan terhadap efek cuaca.
Beton
Biasanya permukaan beton lebih halus dan padat serta lebih banyak menyerap air, untuk itu dibutuhkan suatu polimer untuk membantu ikatan pada acian. Untuk aplikasi Acian Putih pada permukaan beton harus ditambahkan 2% Lem Putih untuk campurannya. Jika permukaan betonnya tegak lurus, terkena sinar matahari dan hujan langsung dapat ditambahkan 4% Lem Putih untuk meningkatkan ikatan dan ketahanan terhadap air.