03 Juni, 2011

Training Tukang for Better Quality




Kebanyakan tukang bangunan di Indonesia tidak memiliki latar belakang pendidikan konstruksi, baik pendidikan formal maupun informal. 

Kalaupun ada, pelatihan yang diterima para tukang bangunan adalah berupa memperhatikan tukang yang lebih senior bekerja, kemudian langsung mempraktekannya. Itu sebabnya hampir tidak ada tukang bangunan bersertifikasi ataupun memiliki pengetahuan sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI). Akibatnya tidak ada standar yang baku terhadap kualitas finishing pekerjaan konstruksi.

Untunglah kini hadir TR30 Acian Putih, produk mortar yang mudah diaplikasikan dan memudahkan para tukang bangunan untuk menghasilkan kualitas finishing yang baik melalui 1 jam pelatihan.  Berikut adalah tips-tips yang dapat membantu Anda dalam membimbing dan mensupervisi tukang Anda untuk mencapai kualitas akhir yang lebih baik tanpa biaya tambahan :

1.  Plester dan pasangan bata yang berkualitas baik. Pasir kualitas prima dengan kandungan lumpur dan organik yang rendah serta gradasi yang baik akan menghasilkan tembok yang berkualitas baik dan tegak. Ratakan plester menggunakan kepalaan dan jidar agar plesteran tidak terlalu tebal. Biarkan plester mengering dalam waktu kurang lebih 2 minggu sebelum mengaplikasikan acian.
2.  Kolom praktis harus sama tebalnya dengan pasangan bata agar tebal plesteran yang menutup seluruh permukaan dinding dan kolom praktis sama tebalnya.
3.  Kabel listrik dan pipa AC harus ditanam dalam bata sebelum aplikasi plesteran.
4.  Sebelum mengaplikasikan TR30 Acian Putih, pastikan dulu atap telah terpasang agar dinding yang akan diplester/diaci terlindung dari sinar matahari langsung dan hujan. Bingkai pintu dan jendela serta plafon pun sebaiknya dipasang dahulu sebelum mengaplikasikan acian untuk menghemat waktu perbaikan atas kerusakan pada saat finishing. Sebab TR30 Acian Putih baru siap dicat setelah 5 hari, kita tidak dapat terburu-buru mnyelesaikan Acian sebelum pekerjaan lainnya selesai.
5.  Selesaikan pekerjaan plesteran dan acian di bagian luar bangunan dahulu sehingga dinding sudah kedap air sebelum aplikasi acian di dinding bagian dalam. Dinding tidak boleh terlalu  kering atau terlalu basah saat aplikasi acian dilakukan dan bila pasangan bata pada dinding bagian luar langsung terkena hujan maka akan menyerap lebih banyak air yang akan mempengaruhi kualitas acian pada dinding bagian dalam.
6.  Disarankan agar kelembaban dinding yang akan diplester < 15%.
7.  Jangan menggunakan roskam kayu atau kape untuk mengaplikasikan TR30 Acian Putih. Roskam kayu akan menghasilkan permukaan acian tebal dan kasar. Sedangkan aplikasi dengan kape menghasilkan permukaan acian berukuran kecil-kecil karena ukuran kape yang kecil, akibatnya permukaan acian akan kering tidak merata. Jadi sebaiknya gunakanlah roskam besi atau roskam plastik.
8.  Sebaiknya tukang menggosok dinding yang diaplikasi dengan TR30 Acian Putih selama 20-40 menit.
9.  Gunakan styrofoam atau blok karet dari potongan sandal untuk menggosok permukaan acian untuk menyamarkan bekas roskam dan memadatkan permukaan acian. Jangan menggunakan kantong semen bekas atau roskam kayu untuk menggosok permukaan acian.

Ada banyak metode aplikasi TR30 Acian Putih untuk menghasilkan kualitas akhir yang baik.Contohnya saja seorang tukang mengaci dengan TR30 Acian Putih dengan cara mengaplikasikan lapisan Acian setebal 1,5 mm – 2mm di permukaan dinding.  Ada juga tukang yang mengaplikasikan lapisan acian dengan sangat tipis dan basah di permukaan dinding lalu melapisinya dengan dengan lapisan acian yang lebih tebal kemudian melapisinya lagi dengan lapisan acian yang sangat tipis dan basah. Kedua cara aplikasi 2 tukang tersebut benar, namun pastikan acian tidak terlalu cepat kering dan tebal acian sebaiknya antara 1mm – 3mm.

Ada pertanyaan atau butuh bantuan seputar aplikasi Mortar Tiga Roda? Tim Technical Engineer Tiga Roda selalu siap memberikan pelatihan gratis untuk mandor ataupun tukang bangunan Anda. Pelatihan dapat dilakukan di lokasi Toko Bangunan, proyek Anda atau di Tiga Roda Training Centre di Slipi, Jakarta. Hubungi Distributor Semen Tiga Roda setempat atau Call Center kami untuk pengaturan waktu pelatihan.