04 April, 2012

Gunakan Alat yang Benar



 Kualitas pengerjaan akhir dinding tergantung dari:
  • Kualitas material
  • Kemampuan tukang
  • Alat yang benar
Banyak macam-macam alat untuk aplikasi pekerjaan plaster dan acian, dan biasanya mereka membuat peralatan itu sendiri yang apabila selesai pekerjaannya langsung dibuang. Mereka umumnya membuat dari bahan bekas di proyek, tidak ada lagi biaya tambahan yang dikeluarkan untuk itu kecuali waktu. Sayang mereka membuatnya dari sisa-sisa bahan seadanya sehingga hasilnya pun kurang maksimal dan kualitasnya kurang baik. Berikut adalah beberapa tips alat yang benar yang seharusnya mereka gunakan.

Roskam Kayu
Digunakan untuk aplikasi plester dengan ketebalan 8 sampai 15 mm. Hasil akhirnya tidak akan halus, karena kayu sebagai alat aplikasi akan menarik pasir pada plaster ke permukaan sehingga menjadi kasar dan kurang bagus untuk aplikasi acian. Jangan menggunakan alat ini untuk acian karena hasilnya akan kasar dan lebih tebal. Pada acian putih akan meninggalkan noda cokelat kekuningan.




Jidar
Untuk aplikasi plester yang rata di antara kepalaan. Dalam aplikasi jidar, sebaiknya menggunakan jidar dari bahan aluminium. Aplikasi acian pada dinding lebar dapat menggunakan jidar pula dengan bantuan kawat.



Sendok Semen

Untuk mengaduk bermacam-macam mortar (adukan semen pasir) seperti pasangan bata dan plester semprot.












Roskam Besi

Untuk aplikasi acian dan skimcoat yang halus serta tipis. Aplikasi ini umumnya dengan ketebalan 1 mm-3 mm dan menghasilkan hasil yang halus dan rata. Alat yang hampir sama dapat dibuat oleh tukang dari pipa paralon PVC yang dipotong dan diratakan dengan ukuran yang sama seperti pada gambar di atas. Jangan menggunakan roskam besi untuk plester, hasilnya akan halus dan bergelombang serta membawa air semen ke permukaan. Hal di atas akan mempersulit dalam aplikasi acian.



Blok Styrofoam atau Karet
Untuk menggosok acian setengah kering guna menghasilkan permukaan yang keras, halus, dan rata. 
Roskam Bergerigi
Alat khusus ini untuk aplikasi perekat bata ringan. Jarak setiap jalurnya kurang lebih 5 mm dan akan menjadi rata setelah diletakkan bata di atasnya, sehingga dapat menghemat bahan dengan daya rekat yang maksimal.



Palu Karet

Alat ini digunakan untuk merekatkan bata ringan sehingga sambungan lebih kuat dan tipis tanpa memecah bata ringan yang di atasnya.








Alat Kerja Dilapangan 
Alat yang kecil untuk aplikasi acian konvensional, jangan menggunakan alat ini untuk aplikasi mortar. Menggunakan alat ini cara kerjanya akan lebih lambat dan hasilnya kurang baik. Alat yang besar untuk aplikasi plaster, yang baik menggunakan triplex dengan ketebalan > 5 mm agar lebih kuat dan tahan lama.