07 Agustus, 2012

Acian - Semen vs Mortar





Tidak ada yang meragukan bahwa semen Tiga Roda merupakan semen terbaik di Indonesia yang terkenal dan terpercaya.

Semen mempunyai kuat tekan yang tinggi dan kekuatan tarik yang rendah dan akan bereaksi sempurna apabila dicampurkan dengan batu split,pasir atau limestone ( batu kapur ). Pada campuran 15% sampai 35% semen, kita dapat membuat bahan bangunan yang sangat baik untuk pasangan bata, plester, acian, perata lantai, lem keramik dan beton.

Sebagian besar kontraktor di Indonesia masih mengaci dinding menggunakan semen saja dengan kualitas sangat buruk, banyak retak, lepas dan masalah pada cat. Mereka berfikir menggunakan acian semen lebih murah dan lebih mudah apabila mendapat masalah diatas     "yaa, Biasalah..!"


Acian Semen vs Acian Mortar

Harga
Semen Acian 50kg  - 62,000rp - coverage 15m2 -  4,133 rp/m2  (update Mar 2014 - 68,000 - 4,533rp/m2)
TR30 Acian Putih 40kg - 65,000rp - coverage 18m2 - 3,611 rp/m2 (Update Mar 2014 75,000 - 4,166rp/m2)
"TR30 lebih murah /m2"

Pengecatan
TR30 tidak perlu plamir sehingga lebih hemat 2,000 rp/m2 (update Mar 2014 3,000 - 4,000rp/m2)
TR30 sudah putih dan minimal bisa hemat  minimal 1 lapis cat  yaitu 3,000 rp/m2 (update Mar 2014 4,000rp - 5,000rp/m2)
"TR30 hemat 5,000 9,000 rp/m2 pada Cat"

Kualitas Cat
Semen Acian mempunyai masalah alkali tinggi dan dapat merusak warna cat. TR 30 tidak ada masalah karena alkali rendah.

Cat akan menempel lebih baik pada permukaan TR 30 daripada acian semen, TR30 tidak perlu primer dan sealer khusus.

Warna dari cat lebih cerah dan tahan lama dengan TR30 Acian Putih.
"TR30  memberikan hasil lebih baik pada pengecatan"


Aplikasi Lebih Cepat
Para tukang aci yang sudah menggunakan TR 30 berkata mereka aplikasi lebih cepat 4 kali. Mereka bisa aplikasi satu bidang langsung tanpa ada sambungan dengan hasil akhir yang baik. 
"TR30 lebih cepat dan hasil lebih baik"


Tahan Lama
TR30 Acian Putih mengandung additif polimer untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas ikatan acian. mengurangi retak, lepas dan lebih tahan lama. Acian Semen mudah retak dan lepas karena terlalu kaku dan tidak fleksibel
"TR30 lebih tahan lama"

Jadwal Proyek
TR30 dapat dicat setelah 5 hari dibandingkan dengan semen acian yang mana harus menunggu setelah 21 hari. Hal ini dikarenakan tingginya alkali pada semen acian dan dapat merusak cat apabila aplikasi terlalu awal.
"Jadwal proyek akan lebih cepat menggunakan TR30"
Lingkungan
TR30 lebih ramah lingkungan karena tidak banyak menggunakan semen , tidak banyak bahan terbuang dan lebih tahan lama. 
"TR30 lebih ramah lingkungan"

Pilihan terbaiknya sudah jelas.TR30 Acian Putih untuk berbagai macam alasan
jadi lain kali kontraktor harus bilang ......
                          
"yaa,.. TR30 aja!" 

172 komentar:

  1. kalau boleh tanya ? sudah puluhan saya lihat di youtube utk cara pemasangan keramik begitu mudahnya tinggal meratakan semen lalu keramik di pasang, tp di indonesia kebanyakan tukang khususnya utk pemasangan keramik di dinding kenapa dinding hrs di bobok kecil/di rusak baru di pasang keramik kty agar keramik bisa merekat baik di beton dinding...... tp pertanyaan saya apakah tanpa merusak dinding tp cukup hy di kelupas cat dindingnya saja lalu di gunakan semen mortar utk memasang keramik, apakah ini bisa dan hasilnya jg baik ? mohon jawabannya bpk/ibu thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. yth ruko parung
      betul pak/ibu apabila menggunakan mortar tile adhesive mereka tidak perlu lagi melakukan itu ( bobok ) Karena didalamnya sudah ada material khusus untuk merekatkan maka hasilnya tetap lebih baik. Ada beberapa jenis merek tile adhesive tapi yang harus diperhatikan adalah jenis kegunaannya tergantung media/substratnya
      misalnya :
      1.Tile adhesive khusus lantai
      2.Tile adhesive khusus dinding
      3.Tile adhesive khusus lantai dan dinding
      4.Tile adhesive Tile on tile ( tile adhesive langsung diatas keramik )
      5.Tile adhesive 2 komponen flexsibel ( khusus diatas besi/kaca/kayu dll )
      dengan menggunakan mortar hasilnya akan jauh lebih baik dari konvensional biasa.
      begitu pula dengan acian putih untuk aplikasi dinding hasil acian menjadikan lebih baik

      Hapus
    2. Saya pernah menggunakan TR30, setelah saya aci tidak langsung saya cat selama beberapa bulan tapi dinding retak dan berjamur, apa saya aplikasinya tanpa saya pergunakan steriofoam untuk finish aciannya ? Terimakasih.

      Hapus
    3. Ruko parung,
      Mnrut pengalaman saya, walaupun memakai tile adhesive, tetap saja gak kuat, mendingan acianya, d bobok jarang2 gak papa, dan yg ptng mesti disiram air, sblum pemasanga keramik, tile adhesive gak ada gunanya klo lapisan catnya msh ada, biasanya akan terkelupas keramiknya sekali dengan lapisan cat, jd nti yg gak nempel cat ma dindingnya,
      jd mendingan bobok jarang2 siram air, lebih kuat drpd pakai tole adhesive, tp nempel pd permukaan dinding yg sdh dicat,
      saya sudah buktikan sndiri.....

      Hapus
    4. Pak Hadi,
      Setelah selesai aci dalam waktu 1 - 2 minggu sebaiknya dinding langsung dicat karena salah satu fungsi dari cat itu sendiri melindungi acian dari jamur, Kondisi retak pada dinding bisa banyak hal terjadi ( bpk bisa baca artikel kami tentang permasalahan retak pada dinding ) dan steyrofoam salah satunya membantu aplikasi dinding lebih baik.

      Om Ajeb,
      saran yang baik terima kasih...betul sekali apabila dinding masih ada catnya lebih baik dikupas terlebih dahulu, karena TA nya akan menempel diatas cat.
      untuk aplikasi TA yang masih mudah lepas tanpa dibobok, hal itu kembali lagi pada kualitas produk itu sendiri, hehe...seharusnya TA (tile adhesive ) dibuat untuk menggantikan aplikasi tanpa bobok yang tujuannya mempercepat pekerjaan... by the way thanks buat masukannya keep post om

      Hapus
  2. Selamat malam,
    Barangkali bisa memberikan informasi diaman saya bosa membeli TR30 di sekitaran jakarta Timur Kalimalang, Pondok kelapa.
    Terima kasih - Hanggoro

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. bapak bisa ke toko cahaya borneo alamat jl H.Damang pondok kopi,jakarta timur
    atau bapak bisa kontak ke customer servis indocement 0800-10-37632 atau (+6221)255 33 555
    atau Tech engineer mortar tiga roda di 08568560108
    terima kasih

    BalasHapus
  4. kalo di jambi dimana ya?

    BalasHapus
  5. bapak bisa menghubungi distributor kami di wilayah jambi

    PD. Sinar Matahari :

    Jalan Sultan Taha No. 49

    Tlp : 0741-34980, 0741-22700 / Ko Akok, terima kasih

    BalasHapus
  6. kalo di makassar dimana pak toko penjualan mortar TR30 tiga roda yang lebih dekat dengan kab Maros

    BalasHapus
  7. bapak bisa menghubungi distributor kami di wilayah Makassar

    PT Indo Timur Prima :

    Jalan Andalas No.43 Makassar

    Tlp : 0411-3617778, 0411-3617778

    atau bisa menghubungi Technical Engineer kami

    untuk wilayah Makassar ( bp Said famil ) 0852 3646 2777 , terima kasih

    BalasHapus
  8. kalau di batam di mana ?

    BalasHapus
  9. saya berdomisili di jogja, tepatnya di jalan gejayan, saya kesulitan untuk mencari semen mortar tr 30. bisa di kasih info, toko bangunan yang ada di sekitar saya untuk saya bisa mendapatkan semen tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. bapak bisa menghubungi distributor kami di wilayah Magelang, Yogyakarta, Purworejo, Kebumen

      PT. CIPTAPRATAMA KARYA MANDIRI :
      Komplek Ruko Prayudan Permai Blok A.35
      Jln. Raya Mertoyudan, Magelang
      Tlp : (0293) 3276277 ; 3276278 ; 325985

      atau bisa menghubungi Technical Engineer kami
      untuk wilayah Magelang Yogyakarta (bp. ANDREAS TRIYATNO) 0856 4088 0119 , terima kasih

      Hapus
  10. mohon infonya. saya akan membuat lantai pabrik.tapi saya ingin warna lantainya agak putih lebih terang jika menggunakan semen biasa. apakah kalau saya menggunakan mortar kekuatan lantai cukup jika dibanding dengan semen biasa karena lantai ini kedepannya akan sering mengalami gesekan dengan serokan pengumpul.terimakasih

    BalasHapus
  11. Yth Pak Dany
    Untuk pembuatan lantai kerja ( pabrik ) sebaiknya bapak menggunakan floor hardener untuk memperkuat lantainya atasnya ( setelah pengecoran beton ) dan apabila ingin grade lebih tinggi setelah itu bapak coating menggunakan epoxy floor itu mungkin yang terbaik yang bisa kami sarankan,terima kasih

    BalasHapus
  12. Saya mau tanya,,,kenapa tr30 yg sekarang lain sama yang dulu pak,,,kalau yg sekarang susah mengaplikasi kan nya,,,dan warnanya gk putih,,,trimz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisakah Anda memberikan beberapa informasi ke mana Anda memiliki masalah ini dan Insinyur Teknis kami dapat melihat apa masalahnya. Ada belum ada perubahan dalam produk dan tidak ada laporan kesulitan dalam aplikasi sehingga kami memerlukan informasi lebih banyak tentang pengalaman Anda.

      Hapus
  13. Kalau untuk daerah purwokerto bisa didapatkan dimana ya? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak bisa menghubungi Technical Engineer kami untuk wilayah purwokerto
      PT Adikarya Maju Bersama
      Bapak Eko Miriza 0817711500050
      terima kasih

      Hapus
  14. Saya Di Situbondo - Jawa Timur,mohon informasi distributornya.tks

    Salam
    Zaini - 085338214444

    BalasHapus
  15. Terima kasih pak zaini atas antusiasnya technical engineer kami akan menghubungi
    bapak segera, untuk informasi tambahan distributor kami untuk wilayah Surabaya
    PT RIMA
    Jl Wuni 4-6 Surabaya
    Ibu nela / Bapak Respati
    telp 031-5452992
    terima kasih

    BalasHapus
  16. mau tanya
    kalau untuk wilayah Cimahi/Bandung dimana saya bisa beli Acian TR30?
    tolong jawabanya di email ke ksrabhi54@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas pertanyaan Anda. Silakan hubungi dukungan teknis kami di Bandung yang akan membantu menemukan Toko terdekat.

      Indocement Technical Engineers juga dapat membantu pada proyek Anda dan memberikan pelatihan untuk tukang tersebut.
      Nama : Yusuf Supriadi

      No. Telp : 081220161523

      Email : yusufcwd79@gmail.com



      Nama : Hadiyansah Gunawan

      No. Telp : 081909489395

      Email : hadiyansah21@gmail.com

      Perusahaan : PT Samudera Tunggal Utama

      Hapus
  17. tukang bangunan13 April 2013 21.20

    untuk wilayah pangkalpinang,bangka di mana kami bisa membeli produk mortar?apakh tersedia juga produk untuk pemasangan keramik tanpa bobok?

    BalasHapus

  18. Nama : Tinus
    No.Telp : 0711-377373
    email                   :  pt_pm_plg@yahoo.com
    Perusahaan         :  PT. Permata Multiniaga
    Lokasi TE/TS :  Palembang
    Area                   :  Palembang

    Nama : Roni
    No.Telp : 0721-488598
    email                   :  bmmlpg@gmail.com
    Perusahaan         :  PT. Permata Multiniaga
    Lokasi TE/TS :  Lampung

    BalasHapus
  19. Technical Support/Sales dari Lampung atau Palembang bisa kasih toko2 lokasi di Bangka.
    Tiga Roda Belum ada produk Lem Keramik.

    BalasHapus
  20. saya mau tanya......jika dinding sudah di aci dgn semen biasa, apa msih bisa diaci lagi dengan TR30 utk menghilangkan retak rambut pada dinding....trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry for the late reply.

      Hal ini dimungkinkan untuk menerapkan TR30 pada Acian Semen tua tapi ada beberapa resiko.

      Semen Acian terlalu rapuh (Kaku) dan ketika dinding bergerak akan mudah retak. Semua dinding memiliki gerakan dari penyelesaian pondasi, perubahan suhu, gempa, dll.

      TR30 Acian Putih lebih fleksibel tetapi retak dari acian semen masih bisa mempengaruhi Putih Acian di masa depan.

      Hapus
  21. selama ini saya menggunakan MU acian putih 270, untuk aci bata ringan...
    bilamana saya mengganti dengan TR-30 untuk bata ringan. apakah ada pengaruh atau sama dengan hasil MU, bagaimana kekuatan hasil TR-30 dibandingkan MU?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jenis-jenis acian yang tersedia di pasar bervariasi dalam kualitas dan warna. Abu-abu Acian, White Acian (TR30), Skimcoat Abu-abu dan Skimcoat Putih (MU270). Produk skimcoat ada kimia tinggi untuk memberikan manfaat yang lebih baik dalam aplikasi sulit seperti beton di luar atau dinding expose ke hujan dan matahari.

      Untuk aplikasi terkena sinar matahari dan hujan (tidak di bawah atap) saya rekomendasi TR30 plus 2% polimer (bonding agent atau lem putih). MU270 bisa bagus untuk kondisi expose dengan kimia polimer lebih tinggi dari pada TR30. Untuk di dalam dan di bawah atap TR30 lebih bagus dengan harga lebih murah. MU270 harga di atas 4,000/kg dan TR30 ada harga di Bawah 2,000/kg

      Banyak proyek gunakan TR30 di dalam dan di luah dengan bata ringan dan bata merah dan hasil bagus sekali.

      http://mortartigaroda.blogspot.com/2013/04/what-projects-say-about-tr30-acian-putih.html

      Hapus
    2. rencana emank bakalan aci di dalam ruangan, sempet konsultasi... karena greget sama hasilnya, malah dapet rekomendasi 3 sak tr30 + 1 sak MU

      tpi denger2 indocement bakalan keluar produk baru yah? kapan yah?
      tipenya gmn?

      Hapus
    3. Hal ini dimungkinkan untuk mencampur TR30 dengan Skimcoat dan itu akan sedikit meningkatkan tingkat bahan kimia yang membantu kinerja. Tapi 2 produk harus dicampur dengan mesin sehingga mereka homogen.

      Jika plester yang berkualitas baik dan tukang yang berpengalaman maka hasilnya dengan TR30 akan sangat baik tanpa modifikasi.

      Kami akan memiliki beberapa produk baru akhir tahun ini.

      Good luck with your projects.

      Hapus
  22. kalau membeli tr30 didaerah depok dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toko in Depok ph. 786 3727
      Toko Jaya Mas
      Jl. Margonda Raya No 500
      Pondok Cina, Depok

      Toko Cinere Jaya ph. 754 4850
      Jl. Raya Cinere 135
      Cinere

      Toko Sinar Cemerlang ph. 775 5919
      Jl. Margonda Raya No 228
      Depok

      Hapus
    2. saya coba telp semua tokonya ga ada ya tr30-nya.saya coba ke mitra 10 juga tidak ada. kira-kira dimana lagi yang ada ya?

      Hapus
    3. Kami hanya diperiksa dengan Toko Jaya Mas 786 3727 dan mereka memiliki stok. Staf menjawab Anda salah mereka katakan.
      Hope this is OK.

      Hapus
    4. saya mau coba decor texture plafond,... ada permintaan texture halus dan kasar
      kira kira bisa pake tr 30 gk ya,..??
      mohon saran dan bantuanya,....

      Hapus
  23. Kalo di pontianak dmana saya bisa mendapatkan TR 30?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Telp. ke Bp Roni dari Lampung untuk infomasi Toko di Pontianak
      0721 488598
      bmmlpg@gmail.com

      Hapus
  24. Mohon info distributor TR-30 yang aktif di wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Katimantan Selatan dan Tengah telepon ke Distributor - PT Banjar Kencana Sakti , Bp Lukman
      0878 15218456
      tiolukman@yahoo.com

      Hapus
  25. Mohon Info untuk pelatihan tukang yg mengerjakan rumah saya di depok mengenai Aplikasi Mortar TR30 ini. Siapa Kontak personnya dan apakah bisa melakukan pelatihan ke tukang tukang proyek saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. For Technical Engineer Support in Jabotabek call:
      Ricardo Asri 0812 18083444
      Sigit Prasetyo 0813 16722123
      Agus Wahyudin 0857 17508047

      Hapus
  26. Mohon infonya untuk mendapatkan Mortar TR 30 di Kalideres di Mana? dan berapa harga per zak nya. Terima kasih.

    BalasHapus
  27. Saya baru membangun rumah di sleman, dan menggunakan acian mortar TR 30. dari pengamatan saya tukang membuat acian sampai 3 lapis baru bisa halus atau rata. apalah ini benar? mengingat tidak ada tukang saya yang berpengalaman menggunakan mortar ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. yth pak hilman,
      dalam pengacian lapisan untuk menjadi halus ada beberapa faktor,
      1. Kondisi substrate awalnya ( plasterannya) apabila terlalu kasar butuh beberapa lapis untuk menjadi halus
      2. Kualitas skill tukang itu sendiri, apabila dia terbiasa pakai semen abu2 karena semen abu cepat kering
      sehingga hasilnya lebih tebal / beberapa lapis untuk menjadi halus

      Hapus
  28. Plesteran dinding rumah saya beberapa bagian telah mengelupas dan rencana akan segera diperbaiki. Pertanyaan saya , apakah mortar TR30 dapat diaplikasi sebagai plesteran sekaligus acian ? ataukah PT.Indocement mempunyai produk seperti yang saya maksudkan dan dimana saya bisa mendapatkan produk tersebut (lokasi saya di Bandung). Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yth Yudhi
      TR 30 bisa dimodifikasi sebagai produk render ( plaster langsung acian ), dengan menambahkan pasir halus 30%
      bisa diaplikasikan langsung di bata ringan, untuk repairing sebaiknya bapak tambahkan lem putih untu menambah kekuatan. Untuk produk render indocement belum produksi,terima kasih

      Hapus
  29. pak, mau tanya toko yg jual TR30 di daerah jakarta barat. khusus nya kebon jeruk dimana ya?

    BalasHapus
  30. Dekat Kebon Jeruk
    Toko Patma Putra Jaya
    Jalan Anggrek Cendrawasih No 48,
    Slipi, Jakarta
    70764696

    BalasHapus
  31. mohon informasi Distributor TR 30 di Padang

    BalasHapus
  32. untuk daerah padang bapak bisa menghubungi
    bapak Yonas PT Citra Bhakti Semestajaya
    no telp 0811-6650-800

    BalasHapus
  33. lantai saya setelah di cor rencananya mau di aci dg semen putih. ternyata salah beli dan teraci dengan tr 30 apa akibatnya.
    Dan apa bisa diatasnya di tambah semen putih

    BalasHapus
    Balasan
    1. YTh pak Sayuti
      untuk pengacian dilantai wet on wet ( seperti floor hardener ) menggunakan acian putih tentunya akan lebih lemah ( mudah abrasi )dibandingkan bapak menggunakan semen putih,akan tetapi apabila penggosokannya bapak menggunakan chopper mesin hasilnya mungkin sedikit lebih baik. Apabila sudah teraplikasi ( kering ) sebaiknya bapak jangan aci lagi dengan semen putih karena hasilnya tidak akan maksimal ( kemungkinan terbesarnya akan mudah poping ) sebaiknya bapak lapisi dengan cat berbasic epoxy poly urethan akan lebih menahan abrasi, terima kasih

      Hapus
  34. Dimana bisa saya dapatkan TR30 di wilayah Cibubur dan sekitar,
    terima kasih

    Ahadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yth Pak Ahadi Harja,
      Bapak bisa ke Toko Samudra di perumahan raflesia atau bapak bisa kontak TE Wil jabodetabek Bp Firdaus 08568560108

      Hapus
  35. Mas, bisa sy minta contact distributornya yg di area Ternate / Tobelo (Maluku Utara).? Mksh ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bapak bisa menghubungi distributor kami di wilayah Indonesia Timur

      PT Indo Timur Prima :

      Jalan Andalas No.43 Makassar

      Tlp : 0411-3617778, 0411-3617778

      atau bisa menghubungi Technical Engineer kami

      untuk keterangan lebih lengkap( bp Said famil ) 0852 3646 2777 , terima kasih

      Hapus
  36. Yuni Istiastuti14 Agustus 2013 10.28

    Saya sedang finishing rumah,dan alternatif hemat waktu saya pakai Mortar.
    dan hasilnya seperti sudah dicat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yth Ibu yuni
      sudah tepat menggunakan mortar yang sesuai peruntukannya yang akan membuat kualitas rumah ibu menjadi baik, terima kasih

      Hapus
  37. kalo di karawang jawa barat dimana saya bisa mendapatkan tr30? trus harga jual skr brp pasaran nya? sempet tanya2 matrial katanya kalo mortar cuma buat bata hebel doang. Lucky-085711603000.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk wilayah Karawang bapak bisa kontak
      TE wilayah jabar Bp Eko Budi di no 08569910941
      untuk keterangan lebih lengkap,terima kasih

      Hapus
  38. saya sedang mengerjakan proyek gedung 5 lantai di palembang.. kira_2 dimana saya bisa mendapatkan TR30 tsb ? adakah teknisi untuk mengadakan pelatihan ke pekerja kami ?
    mohon infonya.. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak bisa menghubungi Distributor kami diwilayah palembang atau dengan Tech engginer Nama : Bpk Tinus
      No.Telp : 0711-377373
      email : pt_pm_plg@yahoo.com
      Perusahaan : PT. Permata Multiniaga
      Lokasi TE/TS : Palembang
      terima kasih

      Hapus
  39. Selamat siang, saya pelaksana di salah satu proyek gedung pemerintahan di kota surabaya,,,kebetulan saat ini sudah berlangsung kegiatan pekerjaan acian, beton yang sudah kami aci rusak dan pecah2, dan kami ulang sekali lagi pekerjaan tsb, namun saya ada kekawatiran akan terjadi pecah2 lagi andai kata setelah pengacian pada beton tsb dan kami lapisi sekali lagi dengan produk TR30 apakah bisa dan apakah tidak menimbulkan pecah2 atau retak lagi,,,,,terima kasih dan kami tunggu detai penjelasan-ny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siang Pak Haris..maafkan atas keterlambatan kami mereply pertanyaan bapak
      Acian retak pada beton ada beberapa kemungkinannya hal yang menyebabkannya:

      1. Posisi beton didaerah luar yang tidak tercover atap/pelindung
      ini bisa sangat mudah menyebabkan retak karena ada nya perbedaan panas- dingin,basah -
      kering dan angin, untuk mengatasi hal diatas bapak harus menggunakan produk acian plus
      atau ( acian skimcoat )

      2. Jenis Acian
      Dalam meng aci beton sebaiknya menggunakan acian jenis skimcoat external
      yang mempunyai grade lebih tinggi dari acian TR 30 atau apabila bapak akan menggunakan
      acian TR 30 harus ditambahkan lagi bonding agent.
      untuk kondisi ekternal sebaiknya bapak menggunakan jenis bonding agent berbahan dasar
      latex acrylic jangan menggunakan jenis latek PVAC, apabila menggunakannya pasti
      akan terjadi retak dan lepas, dmana prinsip dasarnya adalah acian yang dihasilkan harus
      kedap akan air, terima kasih


      Hapus
  40. Mohon bantuannya untuk wilayah Kalimantan Timur Samarinda atau Balikpapan di toko mana bisa mendapatkan TR30

    BalasHapus
    Balasan
    1. bapak bisa menghubungi
      distibutor kami di wilayah Samarinda
      PT Saka Agung Abadi
      Jl Ir Sutami blok LL No 5 R
      Kompleks pergudangan ruko telkom Samarinda 75126
      Telp 05417760333, 0541273823

      Hapus
  41. Apakah di Medan sudah ada penyalurnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bapak bisa menghubungi
      distibutor kami di wilayah medan
      PT Inti NIaga Sukses Abadi
      Jl Mahoni No 11 Medan Timur
      atau bisa menghubungi Bp Erwin 0812 6036915

      Hapus
  42. Hi...saya membutuhkan TR30 untuk daerah mampang prapatan, jakarta selatan dimana saya bisa mendapatkan nya?

    Thanks!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tb raja bangunan jl bangka IX no 92A jaksel telp 7196471 , terima kasih

      Hapus
    2. ok, untuk demo penggunaan TR30 gimana cara nya? karena saya mau presentasi ke tukang agar mereka paham cara aplikasi nya.thx

      Hapus
    3. Bapak Eduard bisa menghubungi salah satu technical engginer kami untuk wilayah jabodetabek yaitu
      Ricardo Asri 0812 18083444
      Sigit Prasetyo 0813 16722123
      Agus Wahyudin 0857 17508047
      mereka akan bantu bapak untuk training dan presentasi pada tukang bapak di proyek,terima kasih

      Hapus
  43. kl untuk wilayah Sulawesi Tengah dan Tenggara ada contact personnya pak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. bapak bisa menghubungi distributor kami di wilayah Indonesia Timur

      PT Indo Timur Prima :

      Jalan Andalas No.43 Makassar

      Tlp : 0411-3617778, 0411-3617778

      atau bisa menghubungi Technical Engineer kami
      untuk keterangan lebih lengkap( bp Said famil ) 0852 3646 2777 , mereka akan menginformasikan subdis untuk wilayah Sulawesi Tengah dan Tenggara terima kasih

      Hapus
  44. untuk pengaplikasian skimcoat
    Baik di dinding plasteran
    . dinding beton
    . dag concret
    . kolom beton
    Bisa hub kami gan,,081290633030

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Budi.
      Siapp...Gan...nanti salah satu tech engineer kami telp.thanks

      Hapus
  45. Untuk Malang Penyalurnya dimana ?

    BalasHapus
  46. Bisa menghubungi distributor kami
    PT RIMA
    Jl Wuni 4-6 Surabaya
    Ibu nela / Bapak Respati
    telp 031-5452992
    mereka akan menginfo kan sub dis atau toko terdekat terima kasih

    BalasHapus
  47. selama menjadi tki dimalay kami 8th bkrja sbgai tukang skim coat untuk plester n beton jd kami th betul cara mengaplikasikan semen skim coat tr30 yg benar n jg dngn alat yg benar sehingga akn menghasilkan hasil yg lbh maksimal,bagi anda yg ingin membutuhkan jasa kami hub 081227977298,085750341008 bpk slamet pontianak
    siap melayani diseluruh indo

    BalasHapus
  48. Maaf untuk wilayah solo/surakarta dimana bisa mendapatkan TR30
    Mohon balasan jg dikirim email : justaryok@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak bisa menghubungi distributor kami di wilayah Solo / Surakarta

      PT Primasindo Cipta Sarana :

      Jalan raya Solo Baru, block C.20

      Tlp : 0271-623988

      atau bisa menghubungi Technical Engineer kami
      untuk keterangan lebih lengkap ( Bp Yudha Pramono ) 0813 299 247 55, mereka akan menginformasikan subdis/toko untuk wilayah Solo dan Surakarta terima kasih

      Hapus
  49. Untuk mendapatkan TR30 daerah tangerang cileduk &sekitarnya di mana ya..terima kasih..

    BalasHapus
  50. Bapak bisa menghubungi toko2
    1. TB Rajawali
    Jl. Raya Binong No.42 Rt. 04/02 Curug Tangerang
    Telp. 5980489

    2. TB. Mustika
    Jl. Raya mauk Ds Pisangan Raya
    Kec. Sepatan (dpn Puri MAHONI)
    Telp. 83463544

    3. TB. Wahana Jaya
    Jl. Siliwangi Raya No.49
    Ciputat Tangerang
    Telp. 7432893

    4. TB. Mubarok
    Jl. Raya Mauk Pasar Jatiwaringin
    Tangerang
    Telp. 59330831

    5. TB. Aneka Bangunan
    Jl. Pinang No.5 Pamulang Timur
    Tangerang
    Telp. 74706538

    atau bisa menghubungi tech engineer kami
    bapak Firdaus Telp 08568560108 untuk keterangan lebih lanjut
    terima kasih

    BalasHapus
  51. untuk pemasangan bata ringan pakainya yg type ap pak?

    BalasHapus
  52. Bata Ringan dinding di Indonesia perlu aplikasikan plester untuk meratakan dinding karena kerataan dinding dan kolum praktis. Jika plester mortar digunakan maka ketebalan bisa 5-8mm. Jika plester tradisional digunakan maka pastikan pasir adalah kualitas yang baik dengan tanah liat rendah dan gradasi yang baik.
    The Acian Putih dapat aplikasi secara normal dengan 1mm sampai 3mm ketebalan.
    Bisa aplikasi dalam satu lapis tetapi kerataan dari bata ringan dinding harus ditambah atau dikurangi 2mm dan ini sangat sulit dicapai dengan praktek bangunan Indonesia. Lebih mudah dengan aplikasi plester plus Acian Putih.

    BalasHapus
  53. Untuk Render pakainya type apa pak? ada agen di Banjarmasin gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kami kebetulan belum mengeluarkan produk selain acian putih TR 30,tetapi produk TR 30 bisa di modifikasi menjadi render caranya dengan menambahkan kira-kira 30% pasir halus yang bersih kedalam adukan acian TR 30 ( 30% dari jumlah total adukan TR 30 )

      Hapus
    2. untuk wilayah banjarmasin bisa menghubungi
      PT. Banjar Kencana Sakti
      Jl. Sutoyo S. No. 126, Banjarmasin
      Kalimantan Selatan
      Telp. 0511-3353179, 3353282, 3353475

      Hapus
  54. Kalo di daerah jatinangor sumedang, dmn bisa beli TR 30?

    BalasHapus
  55. Jatinangor sumedang jawa Barat

    BalasHapus
  56. Apakah tiga roda juga ada simcoatnya?
    Ditunggu jawaban2nya ya pa, karna rumah saya segera akan diaci. Terima kasih

    BalasHapus
  57. untuk wilayah bandung dan sekitarnya bisa menghubungi
    PT. Samudera Tunggal Utama
    Komp. Pergudangan Bizpark Ruko R. 01/A-B
    Jl. Raya Kopo 455, Cirangrang, Babakan Ciparay
    Bandung 40277 – Jawa Barat
    Telp. : (022) 541 6461
    atau tech engineer kami Bp Yusuf 081220161523

    Tiga roda belum mengeluarkan produk skimcoat

    BalasHapus
  58. O yaa terima kasih pa...
    Kalo untuk pembelian harus partai besar, ato boleh sedikit untuk di rumah, misalnya 10 zak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sedikit bisa ke toko,tinggal kontak tech engineer kami dan mereka akan bantu mencarikan toko terdekat dengan lokasi proyek ibu,terima kasih

      Hapus
  59. Pak
    Tukang saya mengaci tembok yang bersebelahan dengan tembok tetangga (ada ruang antar tembok 15 cm, jadi tembok tidak mepet). Setelah diaci dengan semen biasa, muncul titik2 embun dari dalam tembok.

    Bagaimana solusinya dan produk apa yang cocok dipakai ?

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yth Rumah jati rangon,
      ruang yang tersisa antar tembok yang tidak terplaster dan aci akan menimbulkan banyak masalah kelembaban kemudian tumbuh jamur, ( baca juga artikel kami tentang masalah kelembaban dan jamur pada dinding ), sebelum itu terjadi sebaiknya menutup atas celah dengan membuat talang ( atau sejenisnya ) sehingga air tidak mudah masuk kedalam celah atau terkena dindingnya. Setelah tertutup baik, acian dalam nya harus ditambahkan bonding agent sebanyak 5% ( Acian TR 30 + Bonding agent 5% ) agar kondisi dinding lebih water proof, setelah itu dinding di cat dengan cat kualitas tinggi atau waterproof. Sebaiknya secepatnya dikerjakan jangan sampai dinding terlanjur timbul jamur. terima kasih

      Hapus
  60. Kalo tiga roda ada perekat kramik dan perekat batu alam ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiga roda saat ini belum mengeluarkan produk yang ibu maksud, rencana baru tahun ini akan mengeluarkan produk Tile adhesive, Teima kasih

      Hapus
  61. Untuk Cabang di palembang dimana ?? atau perwakilan marketing'nya bisa di bantu dengan siapa?? karena saya ada projec di palembang..

    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu bisa menghubungi sales technical distributor kami

      Nama : Tinus
      No.Telp : 0711-377373
      email : pt_pm_plg@yahoo.com
      Perusahaan : PT. Permata Multiniaga
      Lokasi TE/TS : Palembang
      Area : Palembang
      terima kasih

      Hapus
  62. untuk di daerah mangga besar ,jakarta barat di toko mana menjual tr 30

    BalasHapus
  63. Bisa coba Toko:
    Tk Sumber Jaya, Jl Mangga Besar 4r No 39-B
    (Pohon Asem Blkg Hayam Waruk)
    97690900

    Tk. Sumber Rejek
    Jl. Kebon Jeruk 15 No. 37
    (Masuk dari Mangga Besar II)
    629 6543

    BalasHapus
  64. klo di jambi di kota mana saja toko yang menjualnya?

    (usmandrs37@gmail.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yth pak Drs Usman

      Bapak bisa menghubungi distributor kami
      PD. Sumber Matahari
      Jalan Sultan Thaha No. 49 Jambi

      Kontak Ko Akok / Pak Hardianto
      Telpon : 0741-34980 dan 0741 – 22700

      terima kasih

      Hapus
  65. Siang pak. Info fungsi dan perbedaan white cement dan white mortar dr 3 roda. Apakah white mortar bisa mengantikan fungsi dr white cement. Trima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yth pak Margono,
      white semen atau WOPC merupakan semen murni, yang fungsinya sama dengan semen abu-abu (opc/pcc) yang banyak beredar dipasaran, hanya berbeda didalam proses produksi,kegunaannya bisa digunakan pada pengerjaan struktural

      White Mortar TR 30 merupakan turunan produksi dari white cement, yang mana fungsi dari white mortar hanya sebatas untuk pekerjaan finishing acian,
      jadi white mortar hanya dapat menggantikan sedikit fungsi dari white cement sebatas pada pekerjaan finishing acian,terima kasih

      Hapus
  66. Klo boleh. Merek bonding agen yg latek apa ya? Sbab yg banyak di toko hanya yg dr pvac.

    BalasHapus
  67. Yth Pak Tomo,
    Maaf pak kalau merek mungkin kami tidak bisa menyebutkan, ada beberapa produk yang jelas menyatakan bahwa produk mereka bukan PVAC seperti Acrylic, styrene acrylic, SBR ( Styrene butadiene Rubber ) atau Vinyl bapak bisa menemukannya di toko supermarket bangunan,terima kasih

    BalasHapus
  68. Yth Pak Tomo,
    Mohon info-nya dimana saya bisa beli White Mortar TR 30 untuk daerah Ponorogo - Jatim?

    Terimakasih

    BalasHapus
  69. Yth Pak Suyud
    Bapak bisa menghubungi distributor kami
    PT Abadimitra bersama Perdana
    no telp 0351 388218
    attn Bapak Budi

    Terima kasih

    BalasHapus
  70. Mau tanya kalau mau order semen pcc dalam jumlah 150 sak terbagi dalam 3x order di daerah bandung harus menghubungi kemana ya? Karena saya sedang membangun rumah..dan berapa biaya per zak nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bandung Sales
      PT. Samudera Tunggal Utama
      Komp. Pergudangan Bizpark Ruko R. 01/A-B
      Jl. Raya Kopo 455, Cirangrang, Babakan Ciparay
      Bandung 40277 – Jawa Barat
      Telp. : (022) 541 6461
      atau tech engineer kami Bp Hadi 081909489395

      Hapus
  71. pak, mau tanya
    kalau rumah interior dan ekterior sudah diaci pake TR 30, apkah perlu dicat pake cat dasar/alkali killer?
    Kalau tidak pake cat dasar/alkalikiller apakah udah bisa langsung dicat?

    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk cat internal tidak perlu menggunakan cat ditempatkan dan atau pembunuh alkali. Langsung menerapkan 2 lapisan cat. Jangan encer terlalu banyak karena akan mengurangi ketebalan cat. 10% air ok.
      Untuk cat Eksternal memilih 100% Acrylic dan menerapkan 3 lapisan cat finish. 100% Acrylic sudah "anti Alkali" atau "Alkali Killer". Jika Anda menggunakan TR30 Acian Putih risiko alkali sangat rendah.
      Lapisan pertama cat finish bertindak sebagai Cat Dasar dan dapat diencerkan 10%.

      Hapus
  72. pak,
    kalau untuk acian luar, menurut penjelasan diatas harus pake bonding agent.
    apakh tiga roda punya bonding agen yang dimaksud, kalau ngak apa ya mereknya..?
    kalau ngak boleh sebuk merek, japri aja pak
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika dinding terkena, yaitu tidak ada atap maka yang terbaik untuk membuat lebih banyak air acian tahan. Jika acian yang dilindungi oleh atap maka tidak perlu.
      Ada banyak merek bonding agent seperti Sika, MU, AM tetapi kita tidak mempromosikan salah satu tertentu.

      Hapus
  73. Untuk wilayah pangkalan kerinci riau dimana ya sy bs mendapatkan dan konsultasi (kebanyakan tukang sini pada blm kenal n paham)

    BalasHapus
  74. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  75. cara membuat acian expose untuk dinding tanpa cat & floor hardener bagaimana ? terimakasih atas infonya.

    BalasHapus
  76. YTH pak Muji,
    untuk membuat acian dinding ekpose ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
    1. Skill ( kualitas tukang ).
    Acian ekspose mutlak membutuhkan tukang yang sangat terbiasa menggunakan
    roskam besi,karena dengan menggunakan alat tersebut hasilnya akan padat licin dan
    mengkilap.Cara penggelarannya hampir sama seperti acian biasa tetapi
    penggosokannya menggunakan roskam besi secara ber ulang-ulang
    2. Bahan Baku ( Material )
    Penggunaan TR 30 dicampurkan dengan Bonding Agent ( 1:1) dengan air, akan
    membentuk lapisan ekspose yang lebih tahan air dan padat.
    Saran : Acian ekspose sebaiknya diaplikasikan untuk kondisi internal saja, Terima kasih

    BalasHapus
  77. Untum daerah riau dimana toko yg jualnya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. YTH Pak Yusuf,
      Bapak bisa menghubungi distributor kami

      PD. Sumber baru
      Jalan M Yamin No. 185
      Telpon : 0751341888
      Pak Haneco

      Hapus
  78. wah ternyata masih update terus blog nya. keren.
    mau tanya pak. kalau tempat jual TR30 ini di area Pondok Kelapa, Jakarta Timur, di toko mana ya ? di toko Cahaya Borneo di area H. Naman masih adakah produk ini?

    trus apakah dinding yg terbuat dari blok bata ringan lalu diplester konvensional (semen biasa+pasir) bisa dilanjutkan dengan acian TR30 ini ? bila saya liat infonya, baru bisa diaci setelah 2 minggu plester an selesai yah pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah datang kembali ke Blog kita, saya berharap hal ini membantu kualitas bangunan Anda.

      Bata Ringan memiliki daya serap yang kuat di wajah dan pasir tradisional dan semen dapat memiliki beberapa masalah ikatan. Entah menggunakan aditif bonding agent atau Plaster Mortar untuk hasil terbaik.

      TR-30 Acian Putih bekerja dengan baik dengan kedua plester tradisional dan Premixed Plaster Mortar.

      Sebuah toko dengan saham hari ini di daerah Anda (Pondok Kelapa, Jakarta Timur) adalah:

      TK Bintang Maju
      Jl. Raya Pondok kelapa Blok DI No 1. Kalimalang
      Jakarta Timur
       
      PH: 8640280/93752606

      Hapus
    2. baiklah. kemarin sudah saya cek ke toko bangunan tersebut. harga TR30 per sak nya 85rb. sekitar seminggu lagi tembok akan masuk tahap aci.

      oh ya, apakah para tukang bisa mendapatkan pelatihan singkat dalam pengaplikasian aci TR30 ini ? sebab kemarin saya tanya tukang, bahwa mereka belum pernah mengetahui produk TR30 ini.

      terima kasih banyak atas informasinya.

      Hapus
    3. Technical Engineer kami akan datang ke Proyek Anda untuk melatih Tukang / Mandur. Dapatkah Anda memberi kami nomor kontak Anda atau lokasi proyek. email ke saya michaelbacon55@gmail.com

      Hapus
    4. hi Michael Bacon, sudah saya kirim info nya via e-mail.
      terima kasih banyak.

      Hapus
  79. Untuk yg wilayah riau (pekan baru) gk ada ya pak...toko / no yg d atas itu di padang sumbar

    BalasHapus
    Balasan
    1. YTH pak Yusuf
      boleh minta minta no telp bapak kirimkan ke email saya ismail.fachmi77@gmail.com
      nanti biar toko dsana yang menghubungi bapak, terima kasih

      Hapus
  80. Didtributor TR 30 di banda aceh (NAD) dimana pak?

    BalasHapus
  81. YTH pak akhson
    Maaf sekali pak kami belum ada perwakilan di banda aceh, yang terdekat hanya di medan, mungkin bapak berminat untuk buka perwakilan disana he2, terima kasih

    BalasHapus
  82. Infonya kalau dikota Balikpapan bisa di eli dimana acian TR30??

    BalasHapus
  83. Yth Pak/Ibu Marilyn untuk wilayah Balikpapan bisa kontak ke

    PT Saka Agung Abadi
    Cab Balikpapan
    Jl Letjen Soeprapto RT 13 No 4 Kel Margasari balikpapan
    Telp (0542)740345/742628
    Terima kasih

    BalasHapus
  84. Untuk pekanbaru riau dimana bisa peroleh tr30 nya...

    BalasHapus
  85. Bapak/Ibu bisa menghubungi distributor kami

    PD. Sumber baru
    Jalan M Yamin No. 185
    Telpon : 0751341888
    Pak Haneco

    terima kasih

    BalasHapus
  86. Pak mohon informasinya distributor TR30 di daerah Tebet, terima kasih.

    BalasHapus
  87. Bapak bisa menghubungi Toko dekat ke Tebet:

    TK .PERTENGAHAN (13110)
    Jl.Pisangan Baru Gg Beo No.15 Jatinegara
    Jakarta 13110
    PH : 8507434

    TK Pramuka
    Jl.Kayu Manis Barat No.8, Jak-Tim.
    PH : 8581796

    Terima Kasih

    BalasHapus
  88. Bapak YTH,

    Rumah kami baru dan sedan proses pengecatan. Sewaktu proses pengecatan ada di temukan beberapa bidang dinding yang gopong atau acian dengan plesteran tidak lengket (memakai semen tiga roda abu). Kami ingin mengupas acian tersebut dan melakukan pengacian ulang, apakah bisa dengan TR 30? Bagaimana dengan dinding yang bergelombang apakah bisa diperbaiki dengan TR.30 juga?

    Terima kasih dan salam,
    MSiagian

    BalasHapus
  89. YTH Bapak MSiagian
    Untuk pengacian ulang dinding yang kopong, setelah dikupas bisa diaci lagi menggunakan TR 30,sebaiknya bapak mengupasnya tidak hanya pas bagian kopong nya saja tapi dilebihkan sedikit kurang lebih 5 - 10 cm atau sampai ketemu acian yang masih keras.
    Perbaikan dinding yang bergelombang bisa diratakan dengan TR 30 ditambahkan 2 - 3 % Bonding Agent, untuk aplikasi yang tipis antara 0.5 - 1 mm, Terima kasih

    BalasHapus
  90. dimana saya bisa dapatkan acian putih TR 30 ?
    Wilayah saya wates, kulon progo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk wilayah Wates Kulon progo bapak bisa kontak
      TE wilayah Pekalongan-Yogya Bp Triatno di no 085640880119
      untuk keterangan lebih lengkapnya,terima kasih

      Hapus
    2. Nomer tersebut tidak dapat dihubungi pak.,

      terima kasih

      Hapus
    3. YTH pak Rio
      No diatas masih aktif dan bisa dihubungi atau boleh saya minta no telp bapak dikirimkan ke email saya ismail.fachmi77@gmail.com
      nanti biar mereka menghubungi bapak dsana, terima kasih

      Hapus
  91. saya usaha di bidang dekorasi texture plafond dan dinding,.. kasar dan halus
    sblmnya saya menggunakan sejenis compound atau plamir,... saya mau coba pake tr30 karena sudah mengandung zat perekat yang baik dan tidak terlalu cepat kering,... mohon saran dan bantuanya,... apakah saya bisa menggunakan TR 30 untuk usaha dekorasi saya,.. terima kasih sebelumnya,...!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yth Pak Sony,
      Tentu bisa pak, malah hasilnya akan lebih baik karena sudah ada perekat dan additif khusus. Untuk pengaplikasian nya tergantung dari jenis texture yang akan bapak buat, saran kami apabila ketebalannya lebih dari 3 mm sebaiknya bapak menggunakan pasir halus,apabila diatas beton atau media elastis sebaiknya ditambahkan bonding agent, sukses dan apabila berkenan bapak bisa kirimkan foto-fotonya pada kami, Terima Kasih

      Hapus
    2. terima kasih pak,...
      saya akan coba tr 30 buat karya saya,...
      selesai nanti,..
      pasti saya akan kirim hasilnya,...

      Hapus
    3. Mantabb pak hehehe...kirim semenarik mungkin pak..biar kita bisa upload di majalah kokoh indocement, thanks

      Hapus
  92. Mohon informasi untuk toko penjual produk tr-30 ini di Pontianak Pak, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak bisa menghubungi Sub dis kami :
      Toko sumber Tepat
      Jl Nusa Indah Baru Blok E/24-28 Pontianak
      Telp 0561-732884 atau 0561-738085
      Terima kasih

      Hapus
  93. Mhn info untuk penjual produk TR-30 di trenggalek - jawa timur

    BalasHapus
  94. Bapak bisa menghubungi distributor kami
    PT RIMA
    Jl Wuni 4-6 Surabaya
    Ibu nela / Bapak Respati
    telp 031-5452992
    mereka akan menginfo kan sub dis atau toko terdekat terima kasih

    BalasHapus
  95. Untuk daerah Jakarta Pusat,
    TB. MURAH
    Jalan Petojo VIY 1 no. 6
    Jakarta Pusat
    384-1815

    BalasHapus
  96. untuk daerah semarang bisa didapatkan dimana ya? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak bisa menghubungi
      PT. Primasindo Cipta Sarana
      Rukan Pemuda Mas Blok A
      Kav. B 2, Jl. Pemuda No. 150
      Semarang – Jawa Tengah
      Telp. : 024 – 358 1350
      Fax : 024 – 358 3950
      Bpk Djoni
      Wilayah Pemasaran : Semarang, Kudus, Blora, Grobogan, Solo, Wonogiri

      Hapus
  97. Untuk daerah jimbaran atau nusa dua bali bisa didapatkan dimana?
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak Bisa menghubungi,
      PT Saka Agung Abadi
      JL Gatot Subroto Timur-Denpasar
      Telp 0361 461 688
      Bapak I Nyoman Abdi Negara
      Terima Kasih

      Hapus
  98. Apakah memungkinkan memakai TR 30 untuk mengaci dinding yg kondisi plesterannnya tidak lurus?
    Bila penambahan untuk meluruskan plesteran melebihi 3 mm, Apakah cukup dgn TR 30 saja atau diperlukan campuran bahan lainnya?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. TR- 30 dapat digunakan pada dinding plasteran yang tidak lurus, tetapi harus di cek seberapa jauh perbedaannya apabila dibawah 3 mm cukup dengan produk TR 30 saja, tetapi apabila lebih dari 3mm, sebaiknya bapak mencampurkan TR 30 + pasir halus 30 % atau kami sebut render produk bisa untuk menambal dan menghaluskan seperti acian.
      Hasil aplikasinya bisa langsung halus apabila aplikasi menggunakan roskam besi/plastik. Terima Kasih

      Hapus
  99. mas di bangkabelitung sudah ada blon TR 30 nya dan brp hrga pasarannya?

    BalasHapus
  100. YTH Pak Darwinsyah,
    Untuk proyek wilayah bangka belitung saat ini kami masih mengirimnya dari luar daerah,saat ini penjualan melalui toko sedang dalam proses, jadi belum ada toko khusus yang menjualnya disana, semoga kita bisa mempercepatnya,terima kasih

    BalasHapus
  101. dari Zaki
    sy lg galau nie bos, plesteranku bnyak retak rambutnya trus kemaren sy aci pke 3roda abu2...trus sy tinggal mudik eh...acianku ikut retak rambut jg...apa kira2 klo di aci dengan TR 30 retak rambut bisa hilang, trus yg sdah terlanjur diaci pke 3roda abu2 harus sy kupas dulu.. trus utk exterior itu wajib pke bonding ya..? trus utk cirebon dan indramayu dmana yg mudah dptkan TR30

    BalasHapus
  102. Pak Zaki,
    Acian yang retak bisa jadi berasal dari plasterannya yang retak, karena pasir yang digunakan mempunyai kadar lumpur tinggi. Selain itu acian tradisional ada kecenderungan retak rambut apabila digunakan sebagai acian karena karakteristiknya kuat,bukan flexibel. Acian yang sudah diaci semen tradisional bapak cek dulu hasilnya,apabila kopong /kosong ( seperti tidak menempel ) sebaiknya bapak kelupas terlebih dahulu. apabila tidak bapak cukup tutup dengan acian tr 30 +bonding agent diaci seperti plamir,..Kalau diluar sebaiknya menggunakan bonding agent hasilnya lebih baik lagi. untuk wilayah cirebon dan Indramayu bapak bisa hubungi Bp Eka ​​Hartawan 0812 22 05002. Dia juga dapat membantu dengan pertanyaan teknis. So jangan galau lagi pak heheh Terima kasih

    BalasHapus
  103. Bapak kalo nyari distributor TR 30 yang di jogja apakah ada ? kalo ke magelang cukup jauh... trimaksih. sugiyanto

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yth Pak Sugiyanto,
      Untuk wilayah Jogja bapak bisa kontak
      TE wilayah Pekalongan-Yogya Bp Triatno di no 085640880119
      agar bisa dibantu toko terdekat dengan tempat bapak,terima kasih

      Hapus
  104. Harga sekarang brp yah? Lalu posisi saya di menteng pulo, dekat mall kota kasablanca, dmn toko terdekat?

    BalasHapus
  105. Yth Bapak Faisal,
    Bapak bisa menghubungi langsung TE jabodetabek
    Bapak Ricardo Asri 0812 18083444
    agar bisa dikunjungi langsung dan dicarikan toko terdekatnya, terima kasih

    BalasHapus
  106. Saya mau tanya nih pak, tembok rumah saya hanya berupa plesteran terus dilapisi semen putih+lem fox dgn cara dikuas gitu (tanpa acian) jd kelihatan kasar sekali, apakah dgn keadaan seperti itu bisa ditimpa langsung dgn acian TR-30?mohon pencerahannya. Terima kasih.

    BalasHapus
  107. Yth pak/bu,
    Bapak cek dulu kondisi semen+ lem foxnya..apabila tidak ada retak kosong/lepas, bapak bisa langsung aplikasi TR 30 ditambah dengan bonding agent / lem fox. Bapak harus menambahkan campuran ( bonding agent ) karena kondisi substratenya lapisan atasnya sudah menyerupai beton, bonding agent berbahan dasar akrilik akan lebih baik. terima kasih

    BalasHapus