11 Januari, 2016

Pelatihan Tukang



Kualitas bangunan di Indonesia jauh lebih rendah dibandingkan negara-negara maju seperti Eropa, Amerika Serikat, Australia dan beberapa negara Asia.

Plaster dan acian sangat mudah  retak dan lepas,cat luntur dan menggembung, keramik retak dan lepas. Semua masalah diatas sering terjadi dan dapat dihindari, akan tetapi di indonesia tidak ada sistim yang tepat untuk standar pada bangunan, inspeksi langsung dilapangan buat bangunan dan training program untuk tukang bangunannya.

Tukang bangunan dibeberapa negara mempunyai program training tukang dan tukang akan mendapat sertifikat keterampilan seperti tukang bata atau pasang keramik dibutuhkan pelatihan selama 2 tahun untuk medapatkan gelar tersebut, 4 tahun untuk tukang kayu dan 6 tahun untuk tukang pipa dan listrik.

Pelatihan Tukang di Australia
Semua pekerja bangunan yang terampil di Australia harus lulusan sekolah teknik khusus minimum antara 2 sampai 4 tahun. Selama waktu itu mereka dapat bekerja dengan pekerja berlisensi dan menghadiri sekolah untuk 1 hari dan 1 atau 2 malam. Mereka harus lulus tes praktis dan teori sebelum menerima lisensi untuk bekerja sendiri. Semua pekerjaan bangunan harus dilakukan oleh pekerja berlisensi/bersertifikat.

Tiga Roda telah aktif melatih Tukang bangunan selama bertahun-tahun dan memahami kebutuhan untuk program taining harus berjalan terus. Ini adalah pekerjaan besar untuk mendidik 2 juta Tukang di Indonesia dan kami masih terus melakukan pelatihan di seluruh daerah sampai saat ini.




Indocement juga telah bergabung dengan Dept Pekerjaan Umum (PU),  Politeknik seluruh Indonesia dalam program sertifikasi 4 hari untuk Tukang. Program ini disebut SETARA yang mencakup pelatihan bangunan umum, pengembangan pribadi dan pelatihan produk tertentu untuk aplikasi semen dan TR-30 Acian Putih. Peserta setiap pelatihan adalah  75-100 tukang bangunan dan akan mencakup seluruh wilayah Indonesia sampai 5 tahun ke depan.






























TR-30 Acian Putih Dalam dan Luar
Berdasarkan informasi pelanggan yang datang dari Bp Djae Ali di Kalimantan Tengah yang sangat senang dengan kualitas hasil aplikasi TR-30 Acian Putih dalam rumah barunya.
Hasilnya sudah halus dan tidak ada retak-retak  pada acian tersebut.
Dia ingin memastikan apabila aplikasi di luar juga akan sebagus hasil dalam rumah.

Saran untuk pengerjaan dinding luar, kita harus hati-hati dari cuaca panas matahari atau angin kencang yang dapat mempercepat pengeringan Acian Putih sebelum waktunya sehingga apabila kering, hasilnya berdebu halus dan abrasi. Untuk mencegah hal diatas sebaiknya sewaktu aplikasi diberikan penutup untuk mencegah matahari langsung dan melindungi dari hujan yang sewaktu waktu turun kemudian dalam beberapa jam. Pada dinding yang tidak ada atapnya sebaiknya ditambahkan 2-3 kg lem putih atau 1 kg bonding agent untuk pemakaian 40 kg TR-30 Acian Putih. Setelah itu dicat menggunakan cat luar yang berkualitas.

Sebaiknya sewaktu aplikasi digunakan Jika perlu memberikan beberapa penutup dari matahari selama aplikasi dan menghindari aplikasi terkena jika ada kemungkinan hujan dalam beberapa jam.
Untuk dinding terkena tanpa penutup atap kami sarankan waterproofing bagian atas dinding dengan mencampurkan 1-2 kg lem putih atau bonding agent dengan tas 1x40kg dari TR-30. Selesai dengan kualitas baik cat kelas eksternal.