01 Maret, 2016

Mortar is Green

Banyak proyek sekarang berpindah dari tradisional menggunakan semen dan pasir saja ke mortar,
Keuntungan yang didapat bukan hanya dari segi kualitas tetapi mortar lebih baik untuk menjaga lingkungan kita.


“Mortar adalah Hijau”




Negara-negara maju seperti Eropa dan Amerika Serikat sudah mengevaluasi secara terperinci untuk  mendapatkan  penghematan 5% dalam kontruksi dikarenakan faktor Lingkungan hidup. Di Indonesia kita dapat mencapai 40 - 50% penghematan dalam “Environmental Footprint” hanya dengan menggunakan Mortar.


Faktor utama dalam evaluasi adalah:
Kualitas
Tahan Lama
Polusi
Pemakaian bahan dan Aplikasi
Kesehatan  Tukang
Pendidikan / Training Pekerja

Biaya Jangka Panjang


Kualitas
Produk Mortar akan memberikan kualitas yang lebih tinggi daripada aplikasi tradisional pasir dan semen saja  Dinding yang lebih akurat dan rata, hasil akhir halus, kekuatan ikatan yang lebih tinggi, produk jadi yang lebih fleksibel, menghasilkan dinding yang lebih baik setelah dicat atau wallpaper dinding.

Mesquita, Spain 987AD
Tahan lama

Banyak bangunan tua Eropa bertahan ribuan tahun karena kualitas yang baik dari bahan bangunan dan metode konstruksi yang digunakan. Metode konstruksi di Indonesia dalam 50 tahun terakhir ini banyak berkurang kualitas material dan pengerjaannya banyak bangunan  dan rumah tua tidak tahan lama. Sebagian besar perumahan bertahan (sebelum renovasi) hanya 10 sampai 20 tahun (dalam kondisi normal)

Kualitas Renda
Produk Mortar yang berkualitas baik mengandung tambahan  bahan kimia untuk membantu reaksi semen dengan pasir atau kapur untuk menahan air dan mengurangi penyusutan . Sebuah rumah yang dibangun dengan baik dengan menggunakan mortar dapat lebih tahan lama 50 sampai 100 tahun (dalam kondisi normal)

Polusi
Pencampuran dilokasi proyek sering menjadi masalah di kota-kota di mana kontraktor menggunakan jalan dan tempat umum sebagai bagian dari penyimpanan bahan mereka . Pasir dapat terbawa air ke menuju pipa saluran dan debu semen dapat tertiup angin hal diatas menyebabkan polusi dan mampetnya saluran. 

Produk Mortar yang dikemas dalam kantong  dapat mengurangi risiko polusi dari proyek. 

Traditional Lebih Tebal
Mortar Lebih Tipis





















Bahan Baku dan Aplikasi
Salah satu manfaat terbesar dari mortar adalah mengurangi ketebalan hasil aplikasi. Ketebalan plester di Indonesia menggunakan metode tradisional dapat mencapai ketebalan 30 mm apabila menggunakan produk mortar ketebalannya dapat dikurangi menjadi  10 mm - 15 mm saja.  Acian Semen biasanya dapat mencapai ketebalan 3mm - 4mm dan acian Mortar akan 1.5 mm - 3 mm. Waktu aplikasi jauh lebih cepat menggunakan mortar.


Kesehatan Tukang
Penurunan ketebalan dan kemudahan bekerja memberi arti Tukang dapat menyelesaikan pekerjaan yang sama dengan waktu yang lebih cepat dan usaha lebih sedikit.

Menggunakan TR-30 Acian Putih juga akan mencegah kerusakan tangan tukang yang sering mereka dapatkan apabila menggunakan acian semen biasa. Semen murni mempunyai alkali yang lebih tinggi yang dapat membakar jari pekerja selama proses aplikasi. Menggunakan mortar adalah acian premixed yang tidak memiliki efek alkali tinggi merusak tangan. 

Training Tukang
Indonesia tidak memiliki program pendidikan terstruktur dan bersertifikat untuk Tukang semen tetapi sebagian besar perusahaan mortar  banyak membuat training yang mereupakan bagian dari strategi pasar mereka juga. Tukang diberikan pengenalan terhadap produk baru agar lebih mengerti bagaimana cara aplikasinya, bagaimana cara penggunaannya sehingga menghasilkan kualitas yang lebih baik dan tahan lama.

Biaya Jangka Panjang
Banyak faktor yang dimasukkan ke dalam perhitungan biaya jangka panjang . Menggunakan pasir murah berkualitas rendah mungkin tampak seperti keuntungan untuk kontraktor dan pemilik rumah tetapi ketika retak plester atau struktur yang mudah rusak oleh gempa maka biaya jangka panjang akan lebih.
Sebuah rumah yang seharusnya bertahan 50 tahun mungkin perlu renovasi total setelah 5 tahun!

TR - 30 acian Putih menjadi pilihan yang sempurna untuk kontraktor dan pemilik rumah karena kualitas dan waktu pemanfaatannya langsung dirasakan , dengan biaya awal yang lebih murah dibandingkan dengan acian Semen biasa. 
Jadi, Pastikan Pilih TR-30 Acian Putih, 
solusi lingkungan yang sempurna.

Pasti Tidak Tahan Lamah
Pasti Tidak Tahan Lama