08 September, 2016

TR-30 Acian Putih Kualitas Terbaik


TR-30 Acian Putih adalah produk acian terbaik yang mudah diaplikasikan untuk dinding dalam dan luar. Pengerjaan dengan menggunakan metode dan alat yang benar akan mendapatkan dinding yang halus siap untuk dicat yang hasilnya akan bertahan lama.

Peralatan
Aplikasi TR-30 yang terbaik menggunakan Roskam besi atau Roskam plastik (fleksibel), jangan menggunakan roskam kayu atau plastik yang kaku . Roskam kayu akan menimbulkan warna kuning pada acian dan hasilnya akan lebih kasar.
Tukang banyak membuat roskam sendiri dengan menggunakan pipa paralon tipis yang dipotong dan diratakan oleh panas . kemudian mereka membuat pegangannya sendiri dari kayu.
Ketika dinding setengah kering digosok menggunakan styrofoam atau karet blok sampai semua garis bekas roskam terhapus.

Percampuran Manual
TR - 30 Acian Putih mudah diaduk menggunakan sendok semen bersih dengan menambahkan 30 % air dalam ember kemudian secara bertahap tambahkan 70 % bubuk Acian Putih. Campuran yang baik terlihat pasta, tidak terlalu encer atau kering.

Mixing dengan Mesin
Apabila tersedia listrik pengadukan dapat menggunakan mesin mixer tangan atau molen kecil untuk proyek skala lebih besar.

Rendam
Sistem yang banyak digunakan tukang di proyek adalah sistem rendam. Satu ember kecil TR-30 Acian Putih dimasukan kedalam drum besar berisi air, Adukan diangkat setelah gelembung yang berasal dari ember kecil keluar dan membuang sisa air yang berada di ember, setelah itu diaduk sampai rata. Pastikan air yang digunakan bersih tidak tercampur dengan semen abu, atau digunakan untuk mencuci alat kerja. Metode ini merupakan paling mudah dan banyak digunakan oleh tukang campuran akan terlihat lebih merata, adukan dalam ember bisa bertahan i jam dalam drum besar tanpa mengurangi kualitas dari Acian.



Waktu Gosok dan Kering
TR-30 Acian Putih diaplikasi 1.5mm - 3mm setelah itu digosok dalam keadaan setengah kering kira-kira 30 - 45min.  Proses penggosokan diperlukan untuk mendapatkan hasil yang halus dan padat pada permukaan aciannya.  Setelah rata dan padat permukaan acian tidak boleh diamplas kasar kembali, hanya cukup dicat
Kelembaban dari dinding plasteran sebaiknya dibawah 15% apabila di test menggunakan protimeter sebelum diaplikasikan acian, apabila lebih dari itu acian akan lebih lama kering dan kemungkinan kekuatan ikatannya turun besar. Acian seharus nya dapat kering sentuh pada 12 jam dan dicat setelah 5 hari.

Mengecat
TR - 30 Acian Putih memiliki finishing yang tidak terlalu padat atau licin , ada cukup porositas di permukaan untuk memberikan kekuatan ikatan yang baik antara acian dan cat .

Hasil aplikasi TR - 30 Acian Putih sudah rendah kadar alkalinya sehingga dinding bisa langsung dicat tanpa  disealer terlebih dahulu atau di primer karena produk ini sudah bersenyawa dengan cat acrylic. Alkali dapat merusak lapisan cat dan daya rekat apabila menggunakan semen murni.

Hasil terbaik untuk kekuatan dan warna, cat aplikasikan langsung ke permukaan Acian Putih, 2 lapis cat acrylic untuk kondisi internal, dengan tidak diencerkan terlalu benyak tapi mengikuti spesifikasi dari pabrik.
Dinding eksternal harus menggunakan cat akrilik berkualitas baik dengan 3 lapisan cat finish sudah cukup menutup.

Anti Bocor
Untuk permukaan dinding horisontal yang langsung terkena panas dan hujan yang berfungsi sebagai dinding parapet atau pagar ( tanpa atap ) sebaiknya aciannya ditambahkan aditif waterproofing. Menambahkan aditif pada acian dinding lebih baik daripada apalikasi tipis cat waterproofing.

Waterproofing additif  dapat membantu acian menahan air, setelah itu bisa langsung ditambahkan cat wheather shields, dinding akan lebih kuat dan tahan lama. Hal ini pentin dilakukan karena dinding tersebut tidak dilindungi atap.

Waterproofing additif bisa berbentuk bubuk atau cairan dan sebaiknya dicampurkan pada saat aplikasi TR-30 Acian Putih.

Jadwal Konstruksi. 
TR-30 Acian Putih lebih cepat diaplikasikan dan dapat dicat dalam waktu 5 hari
  • Pasang semua kusen pintu dan jendela sebelum diplester.
  • Pasang box saklar dan conduit listrik dan air dan A/C sebelum plester.
  • Paasang roof frame and genteng.
  • Aplikasi plester dalam dan luar.
  • Pasang rangka plafond dan bersihkan lantai.
  • Tunggu 2 minggu sampai plester kering <15 dan="" penyusutan="" selesai.="" span="">
  • Aplikasi TR-30 Acian Putih.
  • Pasang gypsum/GRC plafond.
  • Cat acian setelah 5 hari kering.