07 Oktober, 2016

Cat diatas Dinding TR-30 Acian Putih

TR-30 Acian Putih merupakan produk terbaik untuk aplikasi dinding yang dapat mengikat sempurna dengan cat berkualitas. Berikut Kami berikan beberapa tips untuk pengecatan dinding luar dan dalam agar mendapatkan hasil terbaik.



















Aplikasi Acian
Ketebalan TR-30 Acian Putih  adalah 1mm - 3mm, dengan hasil aplikasinya mudah rata dan halus setelah digosok  setengah kering.  Proses penggosokan untuk menghilangkan garis bekas roskam dan memadatkan permukaannya.  Dinding  tidak perlu diamplas sebelum dicat, karena akan merusak permukaan yang sudah keras dan tidak berdebu. Hasil yang berdebu biasanya berasal dari acian yang terlalu cepat kering  yang  dikarenakan oleh matahari dan angin kencang sewaktu aplikasi, Apabila ada dinding yang perlu diperbaiki sebaiknya menggunakan acian putih dan diamkan biar kering terlebih dahulu sebelum di cat.


Pengecatan
Banyak  penggunaan air dalam membuat dinding seperti pasangan bata, pembasahan bata, plester dan acian, oleh karena itu sangat penting air untuk menguap terlebih dahulu sebelum proses pengecatan. Pengecatan yang terlalu cepat akan mengakibatkan blistering dan timbul jamur. Perusahaan cat diluar negeri banyak merekomendasikan 2-3 bulan untuk menunggu sebelum dinding dicat.  Di Indonesia kita merekomendasikan menunggu minimum 2 minggu antara plaster dan acian dan minimum 5 hari untuk aplikasi acian putih. Rekomendasi ini berlaku pada kondisi udara kering dan tertutup atap, sedangkan pada kondisi area basah/lembab membutuhkan waktu lebih lama dinding untuk kering sebelum di cat. Jangan melakukan pengecatan langsung dibawah matahari atau angin kencang dimana cat akan kering lebih cepat dan cat tidak cukup waktu membentuk lapisan pelindung. Cat water based akan kering dalam 1-2 jam untuk lapisan pertama, dan untuk lapisan kedua lebih baik menunggu keesokan harinya. Lapisan kering yang keras akan terbentuk setelah 1 bulan.

Jenis-jenis Cat
Banyak jenis cat yang tersedia dipasaran akan tetapi untuk dinding semen lebih baik menggunakan  cat yang berjenis berbasis latex dan air ( water based ). Cat minyak apabila digunakan dapat menghalangi kelembaban air untuk keluar dinding dan setelah terkena sinar matahari permukaan dindingnya akan mudah membentuk gelembung gelembung kecil ( brittle ) 
Cat Water based sering disebut juga cat latex atau emulsi yang mana cat tersebut terdiri dari Polimer sebagai pengikat, kapur sebagai pengisi, pewarna dan air. Kualitas polimer ( latex ) merupakan kunci dari kualitas baik atau tidaknya cat pada pengecatan tahap akhir. Jenis cat berbahan:
  • 100% Acrylic merupakan cat berkualitas tinggi untuk dinding luar.
  • Cat berbahan campuran dari Vinyl and Acrylic baik untuk dinding dalam dan dinding luar. 
  • PVA (Polyvinyl Acetate) jenis latex yang lebih murah dan banyak digunakan untuk  dinding dalam. 
Pemilihan cat yang mudah untuk memperkirakan kualitasnya adalah dari harganya, karena Cat akan sulit dibedakan kualitasnya apabila masih dalam kaleng. Cat yang dicampur lebih banyak air mengakibatkan cat lebih murah. 

Primer, Sealer dan Cat dasar
Aplikasi produk diatas terkadang sering terjadi kesalah paham sehingga menjadi rekomendasi yang salah
Primer banyak digunakan untuk permukaan dinding dan tidak mudah mengikat dengan cat, seperti halnya logam, plastic atau permukaan yang halus dan tidak poros.
A primer is required for a suface that does not easily bond with the paint, such as metal, plastic or other smooth non porous surfaces.
Sealer direkomendasikan untuk diatas permukaan yang merusak cat seperti kayu, beton atau alkali acian semen biasa
A sealer is required for a surface that has material that can damage the paint such as Wood (sap) or Concrete/Acian Cement (Alkali). 
Cat dasar digunakan untuk permukaan tidak poros, warna yang lebih gelap, atau warna yang tidak rata seperti acian semen
An undercoat is for a surface that is dark coloured, non porous or uneven such as Acian Cement

TR-30 Acian Putih tidak memerlukan Primer, sealer atau cat dasar karena permukaannya sudah putih halus, cukup poros dan tidak ada masalah dengan alkali. does not require Primers, Sealers or Undercoats. The surface is white, smooth, fine porosity and does not have an alkaline salt problem.

Aplikasi
Dinding sebaiknya kering dan bersih dari debu, oli dan pengotor lainnya, Bersihkan dinding dengan kain/lap basah untuk menghilang kan kotoran atau debu. Aplikasikan cat menggunakan cat acrylic / katex yang berkualitas, Daya tutup dan seberapa lapis cat untuk diaplikasikan tergantung dengan kualitas yang dipilih. Cat luar menggunakan 100% cat akrilik dengan 3 lapis dan untuk dalam ruangan cukup 2 kali lapis sudah memberikan hasil yang baik. Banyak tukang menambahkan air lagi untuk mempermudah aplikasi dan menghemat cat. Pabrik cat akan memberikan intruksi maksimum air yang bisa ditambahkan ( apabila ada ). Penambahan air pada cat akan mengurangi ketebalan dari lapisan akrilik dan mengurangi kualitasnya. Cat yang berkualitas rendah sudah banyak ditambahkan air atau mempunyai filler yang terlalu banyak hal ini berpengaruh pada hasil pengecatan.

TR-30 Acian Putih memberikan hasil terbaik untuk acian dan cat akrilik .
  • Cat akrilik water base mengikat kuat dengan TR-30 Acian Putih
  • TR-30 Acian Putih dan Cat acrylic memudahkan air untuk keluar dari dinding  dan cukup kuat menahan air masuk kedalam dinding. 
  • TR-30 Acian Putih mempunyai kadar alkali yang rendah dan tidak akan merusak cat.
  • TR-30 Acian Putih dapat dicat setelah 5 hari kering.
  • Warna akan lebih cerah menggunakan Acian Putih.
  • TR-30 Acian Putih tidak perlu memerlukan primer, sealer, plamir atau cat dasar. 
  • Pengecatan akan lebih murah dengan hasil yang baik menggunakan TR-30 Acian Putih.