20 Desember, 2016

Acian Semen vs Acian Mortar



Bangunan sekitar Piazza Navona, dan rumah Alberobello, Roma Italy yang dibangun pada abad 16 terlihat kondisi acian bangunannya masih baik sampai sekarang  keduanya menggunakan "acian gamping"




Acian di Indonesia
Sebelum tahun 1970 semua bangunan di Indonesia menggunakan acian gamping dan hasilnya sampai sekarang sudah lebih 50 tahun bahkan ada yang sampai 200 tahun masih terlihat baik.  Sayangnya dikarenakan alasan biaya dan keinginan untuk membangun lebih cepat, sekarang banyak orang berubah ke acian semen biasa. Kita melihat tidak ada bangunan yang menggunakan acian semen biasa dapat bertahan sampai 20 tahun tanpa retak dan lepas.

Acian Gamping dibuat dari batu kapur yang dibakar sampai 900°C kemudian ditambahkan dengan air, proses yang sama dengan semen akan tetapi lebih flexsibel dari semen dan mencegah retak , mengikat baik untuk pasangan bata dan plaster. Acian semen lebih kaku dan mudah retak sehingga air dapat masuk kedinding merusak acian dan plaster. Indonesia merupakan salah satu negara yang hanya menggunakan semen saja untuk acian. Semen akan akan bereaksi sempurna apabila dicampur dengan kapur,pasir atau agregat batu. Banyak tukang mencampurkan kapur halus (mill) untuk aciannya, hal itu lebih baik daripada menggunakan hanya semen saja, akan tetapi masih ada resiko susut, retak dan sulit diaplikasi.

TR-30 Acian Putih diproduksi Tiga Roda Indocement mempunyai daya ikat yang lebih baik pada plaster, flexsibel mempunyai karakteristik seperti acian gamping yang merupakan campuran dari semen putih, kapur putih dan spesial aditif.


Acian Semen
Aplikasi
Acian Semen lebih cepat kering dan aplikasi area kecil 1m2 - 2m2,  Aplikasi daya sebar tukang 10m2 - 15m2 per hari dengan ketebalan 3mm - 5mm.
Alat
Roskam Kayu Kecil.
Warna
Abu abu gelap. 
Keuntungan
Semen banyak tersedia ditoko dan dapat digunakan untuk semua aplikasi dan lebih tahan air apabila tidak retak.
Kerugian
Acian cement butuh banyak air untuk menyiram bata dan mengaduk ( adukan lebih encer ) dan aplikasi lebih sulit daripada menggunakan mortar. 
Mudah retak karena proses pengeringan yang terlalu cepat dan tukang harus cepat/buru2 menggosok untuk mengurangi retak dan hasil yang halus. Lama waktu pengecatannya.
Terlalu kaku dan tidak flexibel, mudah retak apabila ada pergerakan bangunan dan perubahan temperatur.

Banyak terlihat sambungan dan sulit untuk diratakan dan dihamplas sehingga mudah terlihat setelah di cat.
Acian Cement mempunyai kadar alkali tinggi dan mudah merusak tangan tukang.
Finishing
Acian Cement membutuhkan plamir untuk menutup retak dan permukaan yang tidak rata.
Pengecatan minimal 21 hari sampai pH level turun ke pH9.  Anti alkali dan cat dasar direkomendasikan untuk menutup warna gelap dan melindungi dari serangan alkali. Setiap perbaikan yang terlihat setelah cat.
Harga Acian Semen
Harga per m2 
50kg Semen Rp. 50,000 @ 15m2 per sak 
Plamir, Cat Dasar, 2 lapis Cat Finish Internal
Bahan dan Tenaga Tukang
Harga Total Rp.21,400 /m2
38% Lebih Mahal


Acian Semen + Mill
Aplikasi
Acian Semen dicampur “Mill” (kapur halus) dapat langsung dicampurkan dilapangan untuk mempermudah aplikasi. Aplikasi daya sebar tukang 15 m2 - 20 m2 per hari dengan ketebalan 2mm - 4mm.
Alat
Roskam Kayu atau Besi
Warna
Abu abu.
Keuntungan
Mudah diaplikasi daripada Acian Semen mengurangi retak. mengurangi sambungan daripada semen karena area aplikasi lebih luas.
Acian semen + Mill lebih aman pada saat diaplikasi tidak merusak tangan tukangjika kandungan semennya dibawah 30%.
Kerugian
Lebih cepat kering dan daya ikat tidak sebaik mortar, Plaster masih butuh banyak air dan adukan lebih encer
The finish is not as smooth as mortar Campuran antara semen dan kapur tidak konsisten sehingga hasilnya bisa berbeda beda dan terjadi retak serta lepas.

Finishing
Permukaannya lebih rata daripada Acian Semen dan penurunan pH alkali mungkin lebih cepat 10 -15 hari. Masih ada resiko tangan rusak pada saat pencampuran.
Ada resiko resak dari penusutan.
Warna masih abu2 terang masih butuh cat dasar dan satu lapis cat.

Harga Acian Semen + Mill

Harga per m2 
Semen @ 1,000Rp/kg Mill @ 400Rp/kg
Cat Dasar, 2 lapis Cat Finish Internal
Bahan dan Tenaga Tukang
Harga Total Rp.18,200 /m2
17% Lebih Mahal

TR-30 Acian Putih
Aplikasi
TR-30 Acian Putih mudah diaplikasi tidak mudah kering atau terlalu lama kering. Pengeringan dapat dikontrol mudah dengan penyiraman oada dinding plaster. Aplikasi daya sebar tukang 30m2 - 40 m2 per hari dengan ketebalan 1.5mm - 3mm.
Alat
Roskam Besi + block karet atau Styrofoam untuk gosok.
Warna
Putih
Keuntungan
Lebih cepat kualitas lebih baik dapat diaplikasikan 1 dinding sekaligus, rendah alkalidan tidak merusak tangan tukang. 
Acian Putih digosok menggunakan block Karet atau styrofoam ketika setengah kering dan lebih cepat waktu pengecatannya. Lebih flexibel mengikat lebih baik pada plaster dan lebih tahan retak pada pergerakan dinding.
Kerugian
TR-30 Acian Putih tidak banyak tersedia dit oko diseluruh Indonesia
Tidak banyak tukang yang tahu akan mortar dan malas untuk mencobanya.

Finishing
Acian Putih tidak perlu plamir atau cat dasar sudah halus dan putih.Tidak ada masalah akali pada TR-30 Acian Putih. Siap di cat 5 hari.
Perbaikan dapat menggunakan TR-30 + bonding agent dan bisa dihamplas dengan amplas no 200.
TR-30 Acian Putih lebih tahan lama dan pengecatan lebih terang dan tahan lama.
Baik untuk Internal dan External.
Harga Acian Putih
Harga per m2 
40kg TR-30  Rp. 85,000 @ 18m2 per sak 
2 lapis Cat Finish Internal
Bahan dan Tenaga Tukang
Harga Total Rp.15,500 /m2
Paling Murah

Aplikasi ke Beton dan Anti Bocor
Permukaan beton yang keras dan mungkin masih ada minyak dari bekisting, harus dibersihkan terlebih dahulu. Untuk aplikasi acian diatas beton, baik yang menggunakan acian semen atau mortar harus dicampur menggunakan Bonding agent untuk mendapatkan daya rekat yang baik.

Dinding terbuka tanpa ada atap, sebaiknya menggunakan tambahan aditif water proof ( tahan air ) setelah itu dicat menggunakan cat luar yang berkualitas baik.