18 April, 2018

RENOVASI RUMAH

“Perbaiki retak sebelum dicat”

TR-30 Acian Putih baik untuk Acian, Perbaiki Retak dan Nat Keramik. Hasil pasti lebih baik dan tahan lama.

Perbaikan Retak
Banyak alasan penyebab terjadinya retak pada plaster dan acian. Salah satunya adalah penyusutan yang berasal aplikasi, rembesan air dan pergerakan bangunan yang membuat plaster dan acian mengembang. Perbaikan retak sebaiknya lebih flexibel dan lebih tahan pada pergerakan dimasa datang dan memiliki kekuatan ikatan pada plaster dan acian.









1. Buka retakan dengan lebar 2-3 mm dan dalam 3-4 mm. Bersihkan sisa acian dan plaster yang menempel.


2. Campurkan 1 bag air dengan 1 bag cairan bonding agen dan tahan air berkualitas baik ( Mortarplus MP-40 ).


3. Campur dan aduk TR-30 Acian Putih dengan campuran liquid diatas dengan perbandingan 3 : 1.


4. Aplikasikan liquid Bonding agen diatas retakan yang sudah dibuka, setelah itu aplikasikan campuran TR-30 diatasnya.


5. Aplikasikan lapis kedua campuran TR-30 pada setengah kering dan amplas sampai halus.






Perbaikan Nat Keramik
Campuran adukan diatas dapat diaplikasikan untuk memperbaiki nat keramik atau aplikasi nat baru. Hasilnya lebih tahan air dan kuat.
Untuk mewarnai nat dapat ditambahkan pewarna cair atau bubuk.


1. Lepaskan atau bersihkan nat keramik lama kemudian siapkan campuran TR-30 dan MP 40.


2. Masukan campuran kedua bahan diatas menggunakan spatula plastik atau blok karet.


3. Bersihkan sisa mortar yang masih menempel pada keramik menggunakan spons lembab atau blok karet lembab. Ulangi pembersihan material diatas setelah setengah kering sampai betul-betul bersih.




Perbaikan Acian
Acian yang akan lepas dari plaster harus dilepaskan / dibersihkan terlebih dahulu sebelum diaplikasikan TR-30  Acian Putih. Caranya cek acian lama dengan diketuk2 menggunakan koin, apabila terdengar suara keras dan kosong kemungkinan acian akan lepas.

Apabila acian lamanya masih mengikat kuat dapat langsung diaplikasikan TR-30 tipis yang ditambahkan sebelumnya dengan MP-40.
1. Bersihkan cat lama yang mash mengikat, beserta kotoran dan debu. Retak rambut tidak perlu diperbaiki berbeda dengan retak lebar harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum diaplikasi acian putih.
2. Untuk didnding dalam tambahkan 1 kg lem putih ke 40 kg TR-30 Acian Putih untuk menambah kekuatan bonding. Dinding luar gunakan 1 kg MP-40 Bonding Agen dan tahan air untuk menambah kekuatan lebih.

Perbaikan Bocor

Perbaikan bocor dan lembab harus diperbaiki terlebih dahulu sumber kebocorannya ( atap, jendela, retak diluar dinding, kamar mandi ) jangan hanya perbaiki di dalam nya. Gunakan cara yang sama " Perbaiki Retak " untuk memperbaiki bocor setelah itu dinding dalam dapat diperbaiki setelah kering.